Menata Postingan Blog dengan benar

cara tepat ngeblog ria.....

 

Tentukan Jenis Blog Anda

Tentukan Jenis Blog apa yang ingin anda buat seperti Blog Bisnis, Blog Kesehatan, Blog Curhat, Blog IT, Blog Informasi, atau Blog "Rujak" (blog yang tidak memakai topik, semua jenis masuk didalamnya). untuk nama URL, Gunakanlah nama yang mudah diingat dan berhubungan dengan jenis BLOG anda

Carilah Ide dan Topik Artikel 

sesuai kan topik anda dengan jenis Blog yang anda miliki, lalu carilah artikel yang berhubungan dengan blog anda, Jika anda kesuliatan dalam hal ide Topik artikel tanyakanlah kepada profesor google

Buat Kerangka Tulisan

untuk yang sudah berpengelaman dalam menulis, saya yakin tanpa kerangka tulisan, anda pasti dapat menghasilkan karya yang indah, Tapi bagi yang belum memiliki keahlian dalam menulis sebuah hasil karya, gunakanlah kerangka tulisan untuk membantu anda. anda dapat menanyakan tentang Kerangka Tulisan kepada profesor google

Mencari Sumber Informasi 

Topik sudah dipilih dan kerangka tulisan sudah terbentuk. Maka tahapan selanjutnya kita bisa mulai mencari informasi pendukung di mesin pencari. Untuk rekan-rekan yang blognya adalah share pengalaman saya rasa ini bisa di lewatkan. Namun, kalau teman-teman membahas satu topik yang ada diluar jangkauan pengalaman, langkah ini menjadi penting. Apalagi kalau topiknya berkaitan dengan fakta atau statistik tertentu.

Mulai Menulis Di Kerangka Karangan 

Mulailah menulis di sub kerangka karangan yang menurut Anda lebih mudah. Jangan berpikir bagaimana menyambung antar tulisan di tiap sub kerangka karangan. Itu ada bagiannya nanti. Tulis saja dulu. Anda juga sudah punya sumber yang sudah dicari pada hari sebelumnya kan? Gunakan itu sebagai alat bantu.

Menghubungkan Antar Kerangka Karangan 

Rapikan tulisan Anda. Awalnya mungkin terlihat aneh saat menyusun paragraf di sub kerangka karangan. Tapi saya kira ngga terlalu parah, karena sejak awal sudah Anda tarik benang merahnya, mulai dari topik hingga kerangka karangannya.

Pemeriksaan Terakhir + Posting Di sini Kita bisa membaca kembali tulisan yang sudah jadi (antar sub karangan sudah terhubung). Kalau tulisannya terasa ngga enak dibaca, Anda bisa edit lagi. Pastikan tidak ada link yang broken ataupun kata-kata yang salah ketik. Begitu final check oke, tinggal post artikelnya.

Langkah-langkah di atas, masing-masing bisa dilakukan 15-30 menit perharinya. Anda bisa tambahkan atau kurangi jatah waktu untuk di setiap tahapan. Sesuaikan saja dengan kondisi.
Oh ya untuk efektifnya, ketika menuliskan artikel Anda bisa dalam keadaan offline. Why? Biar fokus dan ngga tergoda untuk yang lain mulai mainan social media site, chatting, check email dsb. Online seperlunya aja gitu. Kalau tulisan udah fix, tinggal copas aja . Hemat waktu dan biaya koneksi, namun tujuan tercapai dengan maksimal. Seperti prinsip manajemen : dengan sumber daya minimal, pencapaian maksimal.
Saya kira itu. Sekali lagi ini bukan pakem resmi. Anda bisa ikuti bisa tidak. Yang mana yang enjoy lah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banner Maker

Butuh Pekerjaan?? masukkan form "apa" dan "dimana" lalu TEKAN ENTER